RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/semester : X Semester 1
Topik :
Berbagai Tingkat Keanekaragaman Hayati Indonesia
Alokasi Waktu : 30 Menit (1 Kali Tatap Muka)
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktifdan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunyatentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR
3.2 Menganalisis
data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati(gen, jenis
dan ekosistem) di Indonesia.
C.
INDIKATOR
1. Menjelaskan
konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem
2. Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata atau gambar dari keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem
3. Mengidentifikasi
keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menjelaskan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
2. Melalui
kajian gambar atau objek nyata siswa dapat mengidentifikasi contoh
keanekargaman gen, jenis, ekosistem
3. Mengembangkan
perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggung jawab, saling
menghargai pendapat melalui pengamatan dan diskusi kelompok.
E. KARAKTERISTIK SISWA YANG DIHARAPKAN
Mampu memahami
dan mampu menerapkan hasil analisis dari pengalaman pembelajaran di kelas
terhadap masalah kehidupan, rasa ingin tahu, cinta ilmu, menghargai prestasi,
tanggung jawab, peduli lingkungan, bertanya, menyumbang ide atau
pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan
komunikatif.
F. MATERI
Fakta
Gambar 1. Gambar 2. Gambar 3.
Harimau Kucing
Singa
Gambar
4. Gamabar
5. Gambar 6.
Kelapa
Lontar
Aren
Konsep
·
Konsep keanekaragaman gen, jenis, dan
ekosistem
Pengertian Keanekaragaman
hayati (biodiversitas)
Keanekaragaman hayati (biodiversitas) adalah
keanekaragaman atau variasi organisme hidup pada tiga tingkatan yaitu tingkat
gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah. Keanekaragaman hayati melingkupi
berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat
yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen, tingkatan spesies,
maupun tingkatan ekosistem. Berdasarkan hal tersebut, para pakar membedakan
keanekaragaman hayati menjadi tiga tingkatan, yaitu; keanekaragaman gen,
keanekaragaman jenis, keanekaragaman
ekosistem.
1.
Keanekaragaman gen
Gen atau plasma nuftah adalah substansi kimia yang menentukan sifat
keturunan yang terdapat di dalam kromosom. Setiap individu mempunyai kromosom
yang membawa sifat menurun (gen) dan terdapat di dalam inti sel. Perbedaan
jumlah dan susunan faktor menurun tersebut akan menyebabkan terjadinya
keanekaragaman gen. Makhluk hidup satu spesies (satu jenis) bisa memiliki
bentuk, sifat, atau ukuran yang berbeda. Bahkan pada
anak kembar sekalipun terdapat perbedaan. Semua
perbedaan yang terdapat dalam satu spesies ini disebabkan karena perbedaan gen.
Perbedaan sesama jerapah (satu spesies) termasuk keanekaragaman gen. jadi,
keanekaragaman gen adalah segala perbedaan yang ditemui pada makhluk hidup
dalam satu spesies. Contoh keanekaragaman tingkat gen ini misalnya, tanaman
bunga mawar putih dengan bunga mawar merah yang memiliki perbedaan, yaitu
berbeda dari segi warna. Atau perbedaan apa pun yang ditemui pada sesama ayam
petelor dalam satu kandang.
2.
Keanekaragaman jenis (spesies )
Spesies atau jenis memiliki pengertian, individu yang mempunyai persamaan
secara morfologis, anatomis, fisiologis dan mampu saling kawin dengan sesamanya
(interhibridisasi) yang menghasilkan keturunan yang fertil (subur) untuk
melanjutkan generasinya. Kumpulan makhluk hidup satu spesies atau satu jenis
inilah yang disebut dengan populasi. Keanekaragaman jenis adalah segala
perbedaan yang ditemui pada makhluk hidup antar jenis atau antar spesies.
Perbedaan antar spesies organisme dalam satu keluarga lebih mencolok sehingga
lebih mudah diamati daripada perbedaan antar individu dalam satu spesies
(keanekaragaman gen).
Keanekaragaman jenis adalah perbedaan makhluk hidup antar spesies. Contohnya
sangat banyak.Contohnya, dalam keluarga kacang-kacangan dikenal kacang tanah,
kacang buncis, kacang hijau, kacang kapri, dan lain-lain. Di antara jenis kacang-
kacangan tersebut kita dapat dengan mudah membedakannya karena di antara mereka
ditemukan ciri khas yang sama. Akan tetapi, ukuran tubuh atau batang, kebiasaan
hidup, bentuk buah dan biji, serta rasanya berbeda. Contoh lainnya terlihat
keanekaragaman jenis pada pohon kelapa, pohon pinang, dan juga pada pohon
palem.
3.
Keanekaragaman ekosistem
Ekosistem
dapat diartikan sebagai hubungan atau interaksi timbal balik antara makhluk
hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya dan juga antara makhluk hidup dengan
lingkungannya. Suatu lingkungan tidak hanya dihuni oleh satu jenis makhluk
hidup saja, tetapi juga akan dihuni oleh jenis makhluk hidup lain yang sesuai.
Akibatnya, pada lingkungan tersebut akan dihuni berbagai makhluk hidup
berlainan jenis yang hidup berdampingan. Perbedaan komponen abiotik (tidak
hidup) pada suatu daerah menyebabkan jenis makhluk hidup (biotik) yang dapat
beradaptasi dengan lingkungan tersebut berbeda-beda.Komponen biotik dan abiotik
di berbagai daerah tersebut juga bervariasi baik mengenai kualitas maupun
kuantitasnya. Variasi kondisi komponen abiotik yang tinggi ini akan
menghasilkan keanekaragaman ekosistem. Contoh ekosistem adalah: hutan hujan
tropis, hutan gugur, padang rumput, padang lumut, gurun pasir, sawah, ladang,
air tawar, air payau, laut, dan lain-lain. Jadi
keanekaragaman ekosistem adalah segala perbedaan yang terdapat antar ekosistem.
Keanekaragaman ekosistem ini terjadi karena adanya keanekaragaman gen dan
keanekaragaman jenis (spesies).
Keanekaragaman ekosistem terbentuk
karena keanekaragaman gen dan keanekaragaman spesies Contoh keanekaragaman
hayati tingkat ekosistem misalnya: pohon kelapa banyak tumbuh di daerah pantai,
pohon aren tumbuh di pegunungan, sedangkan pohon palem dan pinang tumbuh dengan
baik di daerah dataran rendah. Keanekaragaman gen menyebabkan munculnya
keanekaragaman species, dan akhirnya menyebabkan munculnya keanekaragaman
ekosistem.
Prinsip
Masalah
tingkat keanekaragaman hayati yang harus dikuasai adalah:
1.
Pengertian keanekaragaman hayati
2.
Konsep keanekaragaman hayati (gen, jenis, ekosistem)
Prosedur
1.
Pra konsep (pengertian keanekaragaman hati)
2.
Konsep keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem
G.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode
: Diskusi dan Eksperimen
3.
Model :
STAD (Student
Teams Achievement Devision)
H. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Charta, komputer, LCD
2.
Alat
dan bahan
Alat
|
Bahan
|
Alat tulis
lengkap
|
a. Bunga
krisan
b. Tomat
c. Terung
d. Bawang
merah
e. Bawang
putih
|
3.
Sumber
belajar
a. Buku
IPA SMA kelas X, Yudhistira 2013
b. LKS
Tingkat Keanekaragaman Hayati
I.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Niali
karakter
|
Pendahuluan
|
|
·
Salam ,doa , sebagai implementasi
nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai
implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi, motivasi, penyajian
prasarat
·
Penyampaian tujuan pembelajaran
·
Guru menentukan kelompok pada
siswa untuk melakukan pengamatan dan diskusi, setiap kelompok terdiri atas
3-4 siswa
|
5
Menit
|
Cinta
ilmu
Rasa
ingin tahu
|
Kegiatan
inti
|
Pembahasan
dan identifikasi masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Guru menjelaskan terlebih dahulu
materi tingkat keanekargaman hayati , yang meliputi pengertian keanekaragaman
hayati, dan macam-macam tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan
ekosistem) dan meminta siswa untuk mengambil kesimpulan dari penjelasan
tersebut.
·
Guru memberikan perintah kepada siswa dalam
kelompoknya untuk Mengamati:
Ø keanekaragaman
tingkat gen. Sesuai petunjuk yang ada pada LKS melalui pengamatan
ukuran daun, batang, warna bunga dari jenis tanaman yang sama yang telah
disediakan oleh guru pada masing-masing kelompok.
Ø Keanekaragaman
tingkat jenis. Melalui pengamatan macam-macam gambar hewan dan
tumbuhan yang terdapat dalam LKS.
Ø Keanekaragaman
tingkat ekosistem Melalului pengamatan gambar yang terdapat dalam LKS
·
Dari pengamatan yang telah dilakukan pada berbagai
tingkat keanekaragaman hayati Indonesia , siswa dapat:
Ø Mengelompokkan
berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen,jenis,ekosistem)
Ø Diskusi
kelompok dan saling membantu anggota kelompoknya untuk saling memahami materi
Tingkat Keanekaragaman Hayati Indonesia
Catatan
: Sembari siswa melakukan proses pengamatan dan diskusi, guru melakukan
penilaian sikap dengan dipandu instrumen lembar penilaian sikap
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dari
perwakilan anggota kelompok secara acak yang bertujuan untuk menguji sejauh
mana materi dipahami oleh siswa.
·
Guru memberikan soal kuis yang dikerjakan secara
berkelompok yang tedapat dalam LKS.
·
Guru memberikan kesimpulan dan penghitungn skor penilaian
kelompok berdasarkan jumlah jawaban betul dari pertanyaan yang telah
diberikan.
|
15
Menit
|
Rasa
ingin tahu
Peduli
lingkungan
Komunkatif
Tanggung
jawab
Menghargai
prestasi
Komunkatif
Bertanya
Menyumbang
ide
Tanggung
jawab
|
Penutup
|
|
·
Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja dengan baik
·
Siswa menjawab kuis individual
tentang tingkat keanekaragaman hayati.
Catatan:
Perolehan skor
individual akan ditambahakan dengan skor kelompok
|
10
Menit
|
|
J.
PENILAIAN
1.
Metode
dan bentuk instrumen
Metode
|
Bentuk
instrumen
|
Sikap
|
Lembar
pengamtan sikap dan rubrik
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian dan pilihan ganda
|
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
1. Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
2.
|
Mengahargai
prestasi
|
|
|
|
|
3.
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
kelompok
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan
berkomunikasi
|
|
|
|
|
2.
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukan
rasa ingin tahu
|
3. Menunjukan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2. Menunjukan
rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
1. Tidak
menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3. Tekun
dalam mmenyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
tepat waktu
2. Berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas namun belum menunjukan upaya
terbaiknya.
1. Tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
3.
|
Berkomunikasi
|
3. Aktif
dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
orang lain
2. Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
1. Aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain.
|
K.
INSTRUMEN
SOAL PENGETAHUAN
1.
Soal
Uraian
Berdasarkan tanamana yang
kalian amati, termasuk ke dalam tingkat keanekaragaman manakah tanaman
tersebut? Gen, jenis atau ekosistem?
Rubrik
Penilaian Uraian
No
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Jika
jawaban benar
|
40
|
2.
|
Jika
jawaban benar dan disertai dengan penjelasan
|
50
|
2.
Soal
pilihan ganda
a.
Soal
individu
1. Interaksi
antara faktor biotik dan abiotik tertentu akan menyebabkan terbentuk
a. Karakteristik
hewan atau tumbuhan yang berbeda
b. Lingkungan
yang berbeda
c. Faktor
abiotik
d. Interaksi
antara faktor biotik yang ada di dalamnya
e. Keanekaragaman
mahluk hidup
2. Lebah
ratu dan lebah pekerja dalam satu koloni merupakan keanekaragaman tingkat
a. Gen
b. Jenis
c. Spesies
d. Habitat
e. Ekosistem
3. Contoh
keanekaragaman tingkat gen yaitu beras dengan
a. Gandum
b. Ketan
c. Kentang
d. Jagung
e. Umbi
4. Keanekaragaman
bulu pada burung parkit yang diturunkan oleh induk yang sama disebabkan oleh
a. Makanan
b. Lingungan
c. Perkawinan
d. Genetik
e. Mutasi
5.
Keanekaragaman jenis dapat dilihat dari
adanya perbedaan
a.
Bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan
penampilan
b.
Bentuk, warna, jumlah, ukuran, dan
factor pembawa sifat menurun
c.
Morfologi dan anatomi
d.
Tingkah laku dang gen
e.
Morfologi dan tingkah laku
b.
Soal
kelompok
1. Keanekaragaman
spesies dipengaruhi oleh...
a. Gen
dan lingkungan
b. Tingkah
laku dan gen
c. Gen
dan faktor abiotik
d. Faktor
abiotik dan biotik
e. Gen
dan makanan
2. Keanekaragaman
gen dalam spesies terjadi antara....
a.
Bunga mawar, bunga krisan, dan bunga matahari
b.
Ikan mas, ikan lele, dan ikan gurame
c.
Burung kakaktua raja, burung nuri, dan burung kakaktua
jambul kuning
d.
Burung merpati hitam, burung merpati putih, dan burung
merpati abu-abu
e.
Ular sanca, ular sendok, dan ular hijau
3. Berikut
ini yang termasuk faktor abiotik suatu ekosistem adalah....
a.
Rumput
b.
Burung merpati
c.
Semak-semak
d.
Bebatuan
e.
Serangga
4.
Keanekaragaman ekosistem tidak dipengaruhi
oleh....
a. Vegetasi
tanaman
b. Iklim
c. Jenis
hewan yang menempat
d. Lingkungan
abiotik
e. Wilayah
negara
5.
Warna-warni yang terdapat pada ikan koi menunjukkan....
a. keanekaragaman
individu
b. keanekaragaman
fenotipe
c. keanekaragaman
hayati
d. keanekaragaman
gen
e. keanekaragaman
spesies
Rubrik penilaian pilihan ganda
1.
Penilaian
kelompok
No
|
Uraian
|
skor
|
1.
|
Jika betul
|
10
|
2.
|
Jika betul
|
10
|
3.
|
Jika betul
|
10
|
4.
|
Jika betul
|
10
|
5.
|
Jika betul
|
10
|
2.
Penilaian
individu
No
|
Uraian
|
skor
|
1.
|
Jika betul
|
20
|
2.
|
Jika betul
|
20
|
3.
|
Jika betul
|
20
|
4.
|
Jika betul
|
20
|
5.
|
Jika betul
|
20
|
Rumus
penilaian
Nilai rata-rata
Keterangan :
No
|
Skor
|
Kriteria (rata-rata tim)
|
1.
|
Skor >70
|
TIM BAIK
|
2.
|
Skor >80
|
TIM SANGAT BAIK
|
3.
|
Skor >90
|
TIM SUPER
|
Mengetahui
Dosen pamong Mahasiswa
Dr. Sujiyo Miranto M.Pd Moh.
Amuy Saepudin
NIM
111001610017
Lampiran
A. Kunci jawaban essay
1.
Jawaban
sesuai dengan tanaman yang diamati oleh masing-masing kelompok
Penjelasan:
a. Keanekaragaman
genetis menunjukkan variasi individu dalam satu spesies, contohnya adalah
mangga (mangifera indica) memiliki varietas diantaranya adalah : mangga
gadung, mangga golek, mangga manalagi dan lain-lain.
b. Keanekaragaman
jenis/spesies, menunjukkan perbedaan diantara jenis makhluk hidup, seperti
jambu biji (psidium guajava) berbeda spesies dengan mangga (mangifera
indica) dan kelapa (cocos nucifera).
c.
Keanekaragaman ekosistem, menunjukkan
variasi individu di dalam ekosistem yang berbeda-beda. Misalnya tanaman air
seperti teratai (Lotus sp.) memiliki cirri morfologi yang berbeda dengan
tanaman Xerofit seperti kaktus.
B. Kunci jawaban pilihan ganda
Kuis
individu
1.
B
2.
A
3.
B
4.
D
5.
C
Kuis
Kelompok
1.
A
2.
D
3.
D
4.
E
5.
D
mantap mas, boleh saya copi untuk di pelajari ya
BalasHapusIndonesia Bebas Internet
BalasHapusFungsi Keanekaragaman Hayati
Fungsi Jaringan Tumbuhan
ijin copas
BalasHapus